Jun
18
Kalibrasi Ulang Baterai iPhone
Smartphone makin canggih dan kinclong. Dan juga makin tipis. Untuk bisa setipis yang kamu lihat sekarang, beberapa smartphone mesti bikin pengorbanan: tidak ada lagi tutup baterai, alias baterai tidak bisa diganti. Kebiasaan untuk tidak bisa mengganti baterai, seperti kebiasaan lain-lain, dimulai dari Apple. Kawanku, baterai iPhone tak bisa diganti, sekarang beberapa smartphone lain pun menyusul memasukan baterai kedalam cangkang yang tidak gampang dibuka, diantaranya adalah HTC One, HTC One X, Nokia Lumia 900 series, Sony Xperia Z, Motorola Droid Razr Maxx.

 

Masalahnya sekarang adalah, gimana kalau baterai iPhone kamu mulai menunjukkan sedikit attitude seperti yang dialami dua orang teman saya? Yup, iPhone juga bisa punya attitude. Yang mereka alami adalah iPhone mereka tiba-tiba mati saat indikator batere masih 35% (dan seorang yang lainnya bahkan 80%).

Kalau kamu lagi mencari gimana caranya biar batere iPhone awet dipake, nanti saya bahas di artikel lain, sementara ini artikel ini hanya akan membahas kasus seperti yang dialami dua kawan tadi.

Yang kedua kawan tadi butuhkan adalah kalibrasi ulang batere. Intinya adalah mensikronkan kembali antara kapasitas real batere dan indikatornya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan iPhone sampai batere habis dan iPhone mati dengan sendirinya.
2. Charge iPhone sampai penuh 100% tanpa terputus. Ini penting, jangan sampai putus.
3. Setelah penuh, lakukan reset dengan cara tekan dan tahan tombol sleep dan tombol home secara berbarengan hingga muncul logo Apple (acuhkan tanda Swipe to Power Off").
4. Gunakanlah dengan normal hingga baterai habis, perhatikan indikator baterai, seharusnya iPhone akan mati pada saat baterai mencapai antara 0% hingga 3%.

Kalau baterai iPhone anda tidak memperbaiki attitude nya tersebut, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan upgrade ke iPhone gerenasi lebih lanjut misalnya iPhone 5. Toh iPhone 5 memang jauh lebih kaya feature, baterai tahan lama, lebih enak dipakai karena layar gede dan ringan, dll. Untuk seluruh model iPhone, silakan cek harga iPhone di sini.

Mungkin PeEr selanjutnya adalah mengamati berapa lama sih sebenernya batere iPhone kamu bertahan dalam satu kali charge, sehari? setengah hari? dua hari? Walaupun memang umur batere sangat tergantung pemakaian kamu, kamu tetap bisa sedikit menghemat batere dengan cara-cara tertentu. Hal ini kita bahas lain waktu.

Kebiasaan tidak bisa ganti baterai sekarang tidak hanya sebatas pada smartphone doang. MacBook Air dan MacBook Pro sekarang pun baterai nya non-replaceable. Dan kelihatannya beberapa ultrabook lain-lain dari Lenovo, Asus dan Acer pun mulai menggunakan trik ini.

KALIBRASI ULANG BATERAI IPHONE

Since a white police officer, Darren Wilson fatally shot unarmed black teenager, Michael Brown, in a confrontation last August in Ferguson, Mo., there have been many other cases in which the police have shot and killed suspects, some of them unarmed. Mr. Brown's death set off protests throughout the country, pushing law enforcement into the spotlight and sparking a public debate on police tactics. Here is a selection of police shootings that have been reported by news organizations since Mr. Brown's death. In some cases, investigations are continuing.

Photo
 
 
The apartment complex northeast of Atlanta where Anthony Hill, 27, was fatally shot by a DeKalb County police officer. Credit Ben Gray/Atlanta Journal Constitution

Chamblee, Ga.
Fatal Police Shootings: Accounts Since Ferguson

Artikel lainnya »